Minggu, 01 Maret 2009

ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS SOAL TES PENERIMAAN MAHASISWA BARU PADA STIKOM DINAMIKA BANGSA

ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS SOAL TES PENERIMAAN MAHASISWA BARU PADA STIKOM DINAMIKA BANGSA


Oleh:
Drs. Effiyaldi, MM

Dosen Tetap STIKOM Dinamika Bangsa


Abstrak
Rekrutmen mahasiswa baru STIKOM Dinamika Bangsa dilaksanakan melalui tes tertulis, meliputi; Attitude , Matematika dan Bahasa Inggris. Namun, tidak pernah diketahui validitas dan reliabilitas dari setiap item soal tes tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan reliabilitas item soal tes mahasiswa baru STIKOM Dinamika Bangsa. Jumlah seluruh responden sebanyak 533 orang dengan sampel sebanyak 53 orang. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa seluruh soal tes tersebut tidak valid dan tidak reliabel. Rekomendasi untuk pihak manajemen STIKOM Dinamika Bangsa adalah sebelum soal tes digunakan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas.



Kata Kunci: Validitas, Reliabilitas, Soal tes.


1. LATAR BELAKANG MASALAH
Seleksi penerimaan (rekrutmen) calon mahasiswa baru di suatu perguruan tinggi merupakan salah satu jalur yang digunakan dalam rangka mendapatkan calon mahasiswa dengan kualifikasi yang baik. Secara umum pelaksanaan seleksi dilakukan dengan tes tertulis,begitu pula di STIKOM Dinamika Bangsa. Rekrutmen mahasiswa baru STIKOM Dinamika Bangsa dilaksanakan melalui tes tertulis. Materi tes yang digunakan terdiri dari tiga bagian, yaitu; Attitude Test, Matematika dan Bahasa Inggris. Masing-masing materi tes terdiri atas 20 item soal. Item soal berbentuk pilihan ganda (Multiple Choise). Tetapi tidak pernah ada informasi sejauhmana validitas dan reliabilitas dari masing-masing butir/item soal tes tersebut. Hal ini dikarenakan terhadap item soal tersebut belum pernah dilakukan analisis dan uji validitas dan reliabilitasnya. Sehingga tidak diketahui apakah soal tes tersebut sudah valid dan reliable atau belum.




2. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah;
1. Bagimanakah Validitas dan Reliabilitas soal tes materi Aptitude PMB STIKOM Dinamika Bangsa..?
2. Bagaimanakah Validitas dan Reliabilitas soal tes materi Matematika PMB STIKOM Dinamika Bangsa ..?
3. Bagaimanakah Validitas dan Reliabilitas soal tes materi Bahasa Inggris PMB STIKOM Dinamika Bangsa ..?

3. TINJAUAN PUSTAKA
3. 1. Validitas
Validitas secara umum menunjukkan ukuran yang mengukur apa yang akan diukur (Anonim: 2006: 1). Validitas mengacu pada keberartian, kebenaran, kemanfaatan, dan keseuaian skor tes (Jafar Ahiri: 1). Validitas adalah suatu konsep yang berkaitan dengan sejauh mana tes telah mengukur apa yang seharusnya diukur (Sumarna Supranata: 2004: 50). Dalam buku “ Encyclopedia of Educational Evaluation (Suharsimi A: 1987: 60) dikatakan, bahwa sebuah tes dikatakan valid apabila tes tersebut mengukur apa yang hendak diukur. Validitas tes perlu ditentukan untuk mengetahui kualitas tes dalam kaitannya dengan mengukur hal yang seharusnya diukur (Sumarna Supranata: 2004: 50).
Menurut Nunnaly (1972) dalam Sumarna Supranata (2004: 50), menyatakan, bahwa pengertian validitas senantiasa dikaitkan dengan penelitian empiris dan pembuktian-pembuktiannya bergantung kepada macam validitas yang digunakan. Kemudian, menurut Anastasi (1988) dalam Sumarna Supranata (2004: 50), menyatakan, bahwa validitas adalah suatu tingkatan yang menyatakan bahwa suatu alat ukur telah sesuai dengan apa yang diukur. Sedangkan Gronlund (1985) dalam Sumarna Supranata (2004: 50), menyatakan bahwa validitas berkaitan dengan hasil suatu alat ukur, menunjukkan tingkatan, dan bersifat khusus sesuai dengan tujuan pengukuran yang akan dilakukan. Suatu tes dapat dikatakan mempunyai validitas tinggi apabila tes tersebut menjalankan fungsi ukurnya, atau memberikan hasil ukur sesuai dengan makna dan tujuan diadakannya tes tersebut.
Jadi, dapat dikatakan, bahwa semakin tinggi validitas suatu alat tes , maka alat tes tersebut semakin mengenai pada sasarannya (sahih), atau semakin menunjukkan apa yang seharusnya diukur.

3. 2. Reliabilitas
Reliabel atau reliabilitas dapat diartikan bahwa suatu alat ukur/tes adalah handal, ajeg, dipercaya. Cara yang terbaik untuk membahas reliabilitas adalah sejauh mana hasil pengukuran dari suatu instrument mewakili karakteristik yang diukur. Menurut Jafar Ahiri (2006:3), reliabilitas adalah seberapa besar konsistensi skor tes yang dicapai peserta tes pada pengujian ulang. Jafar ahiri selanjutnya mengatakan, reliabilitas juga diartikan sebagai indikator ketidakhadiran kesalahan acak. Jika kesalahan acak dapat diperkecil maka skor tes akan lebih konsisten dari suatu pengujian ke pengujian selanjutnya. Reliabilitas adalah tingkat keterpercayaan hasil suatu pengukuran (Anonim: 2006: 2). Pengukuran yang memiliki reliabilitas yang tinggi, yaitu pengukuran yang mampu memberikan hasil ukur yang terpercaya.

3.3. Instrumen Tes
Tes berasal dari kata “testum” dari bahasa Perancis yang berarti piring untuk menyisihkan logam mulia dari material lain seperti pasir, batu, tanah, dan sebagainya. Istilah itu kemudian diadopsi dalam psikologi dan pendidikan untuk menjelaskan sebuah alat yang digunakan untuk melihat anak-anak yang merupakan “logam mulia” di antara anak yang lain (Rini Susanti: 2003). Menurut Webster’s Collegiate dalam Arikunto (1995 : 29), tes adalah serangkaian pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, intelegensia, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok.Tes merupakan prosedur sistematis. Butir-butir tes disusun menurut cara dan aturan tertentu, prosedur administrasi dan pemberian angka (scoring) harus jelas dan spesifik, dan setiap orang yang mengambil tes harus mendapat butir-butir yang sama dan dalam kondisi yang sebanding. Tes berisi sampel perilaku (Rini Susanti: 2003).
4. 3. 1. Klasifikasi Tes
Dalam psikologi, tes dapat diklasifikasikan menjadi empat; Pertama, tes yang mengukur intelegensia umum (general intelligence test). Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan umum seseorang dalam suatu tugas. Kedua, tes yang mengukur kemampuan khusus atau tes bakat (special ability test). Tes ini digunakan untuk mengungkap kemampuan potensial subjek dalam bidang tertentu. Ketiga, tes yang mengukur prestasi (achievement test).Tes ini dimaksudkan untuk mengungkapkan kemampuan aktual sebagai hasil belajar. Keempat, tes yang mengungkap aspek kepribadian (personality assesment). Tes ini mengungkap karakteristik individual subjek dalam aspek yang diukur (Susanti: 2003).
Berdasarkan bentuk pertanyaannya, tes dapat berbentuk objektif dan esai (Grounlund, 1981; Grounlund dan Linn, 1985; Popham, 1981; Nurkancana dan Sumartana, 1986; Arikunto, 1995; Subino, 1987 dalam Susanti: 2003).

5. TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan;
1. Untuk mengetahui Validitas dan Reliabilitas soal tes materi Attitude PMB STIKOM Dinamika Bangsa.
2. Untuk mengetahui Validitas dan Reliabilitas soal tes materi Matematika PMB STIKOM Dinamika Bangsa.
3. Untuk mengetahui Validitas dan Reliabilitas soal tes materi Bahasa Inggris PMB STIKOM Dinamika Bangsa.

6. MANFAAT PENELITIAN
Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah sebagi berikut;
1. Sebagai bahan kajian akademik untuk menyusun kebijakan dalam program PMB STIKOM Dinamika Bangsa di masa yang akan datang.
2. Sebagai bahan kajian untuk mendesain instrument tes PMB STIKOM Dinamika Bangsa yang lebih valid dan reliable di masa yang akan datang agar instrument/soal tes yang digunakan sesuai dengan peruntukannya.

7. METODE PENELITIAN
7. 1. Sumber Data dan Teknik Pengambilan Data
Dalam penelitian ini, sumber data diperoleh dari mahasiswa yang selama ini secara langsung berstatus juga sebagai pengguna jasa layanan perpustakaan di STIKOM Dinamika Bangsa. Data diperoleh dengan cara penyebaran kuisioner kepada mahasiswa yang telah dijadikan sebagai responden dan sampel. Dari kuisioner itu diperoleh skor hasil tes peserta tes masuk PMB STIKOM Dinamika Bangsa tahun 2005/2006.

7. 2. Populasi dan Sampel
Seluruh peserta tes masuk PMB STIKOM Dinamika Bangsa tahun 2005/2006 yang berjumlah 533 orang, terdiri dari 137 orang peserta tes gelombang pertama, 232 orang peserta tes gelombang kedua dan 164 orang peserta tes gelombang ketiga. sampel adalah 10% dari seluruh peserta tes, yaitu sebayak 53 orang.

7. 3. Identifikasi Variabel
Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu Skor Item sebagai Variabel X dan Skor Total sebagai Variabel Y.

7. 4. Analisis Data dan Pengujian Hipotesis
7. 4. 1. Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian berupa soal tes masuk PMB STIKOM Dinamika Bangsa tahun 2005/2006.Bentuk soal tes adalah pilihan ganda (Multiple Choise). Soal tes diberikan kepada peserta tes untuk selanjutnya dikerjakan/diisi oleh seluruh peserta tes. Pelaksanaan pengisian/pengerjaaan soal tes oleh peserta tes ini dilakukan pada situasi nyata (tidak direkayasa), yaitu pada saat tes berlangsung.

7. 4. 2. Menentukan Validitas Soal Tes
Cara untuk menghitung validitas soal tes yaitu dengan melihat daya pembeda item (item discriminality). Daya pembeda item adalah metode yang paling tepat digunakan untuk setiap jenis tes. Daya pembeda item dalam dalam penelitian ini dilakukan dengan cara : “ Korelasi Item – Total “. Korelasi Item Total, yaitu konsistensi antara skor item dengan skor secara keseluruhan yang dapat dilihat dari besarnya koefisien korelasi antara setiap item dengan skor keseluruhan.

7. 4. 3. Menentukan Reliabilitas Soal Tes
Uji reliabilitas dilakukan hanya terhadap butir-butir angket yang dianggap valid saja. Selanjutnya skala yang akan dibuat besarnya perkiraan reliabilitasnya dibelah menjadi dua atau tiga bagian, sehingga masing-masing belahan berisi item-item dalam jumlah yang sama banyaknya. Untuk menentukan valid atau tidaknya butir skor diperoleh dari hasil perhitungan product moment.

8. HASIL DAN PEMBAHASAN
8. 1. Validitas Dan Reliabilitas Soal Tes Materi Attitude PMB STIKOM Dinamika Bangsa
R tabel pada α 0,05 dengan derajad bebas df = jumlah kasus – 2. Pada penelitian ini jumlah kasus adalah 20, jadi df adalah 18 r (0,05 ; 18) pada uji satu arah = 0,2992.
Keputusan :
– Jika r hitung positif dan r hitung > r tabel maka butir tersebut valid.
– Jika r hitung negatif atau r hitung < r tabel maka butir tersebut tidak valid.
– R hitung dapat dilihat pada kolom Corrected Item – Total Correlation.
Dari 20 butir soal tes attitude yang diujikan pada tes PMB STIKOM Dinamika Bangsa, ternyata butir 1, 2, 3, 4, 6, 7, 8, 10, 11, 13, 16, 17,19 dan 20 tidak valid sehingga butir yang tidak valid tersebut perlu dibuang. Selanjutnya akan diuji lagi ke 6 butir pertanyaan yang valid.
Karena butir 1, 2, 3, 4, 6, 7, 8, 10, 11, 13, 16, 17,19 dan 20 sudah dikeluarkan, maka r table dilihat pada α 0,05 dengan derajad bebas df = jumlah kasus – 2. Pada penelitian ini jumlah kasus adalah 6, jadi df adalah 6 – 2 = 4 r (0,05 ; 4) pada uji satu arah = 0,6084. Pada output dapat dilihat bahwa nilai Corrected Item-Total Correlation (r hitung) semuanya lebih kecil dari r tabel (0,6084), sehingga dapat disimpulkan bahwa ke enam butir pertanyaan tersebut tidak valid. Setelah semua butir pertanyaan ternyata tidak valid, maka selanjutnya adalah menguji reliabilitas butir pertanyaan tersebut. Cara pengambilan keputusannya adalah :
– Jika r alpha positif dan lebih besar dari r atbel maka reliabel.
– Jika r alpha negatif atau r alpha lebih kecil dari r tabel maka tidak reliabel.
R alpha dapat dilihat pada tabel Reliability Statistics, yaitu bernilai 0,548, sedangkan r tabel seperti yang sudah dicari sebelumnya adalah sebesar 0,6084. Kesimpulan ; r alpha < r tabel, sehingga butir soal tes aptitude PMB STIKOM Dinamika Bangsa tahun 2005 tersebut bersifat tidak reliabel.

8. 2. Validitas Dan Reliabilitas Soal Tes Materi Matematika PMB STIKOM Dinamika Bangsa.
R tabel pada α 0,05 dengan derajad bebas df = jumlah kasus – 2. Pada penelitian ini jumlah kasus adalah 20, jadi df adalah 18 r (0,05 ; 18) pada uji satu arah = 0,2992. Dengan dasar pengambilan keputusan yang sama, maka dari 20 butir soal tes matematika yang diujikan pada tes PMB STIKOM Dinamika Bangsa, ternyata butir 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12, 13, 16, 18,19 dan 20 tidak valid sehingga butir yang tidak valid tersebut perlu dibuang. Selanjutnya akan diuji lagi ke 4 butir pertanyaan yang valid.
Karena butir 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12, 13, 16, 18,19 dan 20 sudah dikeluarkan, maka r table dilihat pada α 0,05 dengan derajad bebas df = jumlah kasus – 2. Pada penelitian ini jumlah kasus adalah 4, jadi df adalah 4 – 2 = 2 r (0,05 ; 2) pada uji satu arah = 0,8000. Pada output dapat dilihat bahwa nilai Corrected Item-Total Correlation (r hitung) semuanya lebih kecil dari r tabel (0,8000), sehingga dapat disimpulkan bahwa ke empat butir pertanyaan matematika tersebut tidak valid. Setelah semua butir pertanyaan ternyata tidak valid, maka selanjutnya adalah menguji reliabilitas butir pertanyaan tersebut.
Dengan dasar pengambilan keputusan yang sama, maka R alpha dapat dilihat pada tabel Reliability Statistics, yaitu bernilai 0,276, sedangkan r tabel seperti yang sudah dicari sebelumnya adalah sebesar 0,8000. Kesimpulan ; r alpha < r tabel, sehingga butir soal tes matematika PMB STIKOM Dinamika Bangsa tahun 2005 tersebut bersifat tidak reliabel.



8. 3. Validitas Dan Reliabilitas Soal Tes Materi Bahasa Inggris PMB STIKOM Dinamika Bangsa.
R tabel pada α 0,05 dengan derajad bebas df = jumlah kasus – 2. Pada penelitian ini jumlah kasus adalah 20, jadi df adalah 18 r (0,05 ; 18) pada uji satu arah = 0,2992. Dengan cara pengambilan keputusan yang sama, maka dari 20 butir soal tes Bahasa Inggris yang diujikan pada tes PMB STIKOM Dinamika Bangsa, ternyata butir 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15,16, 17,18,19 dan 20 tidak valid. Karena pada tes bahasa Inggris ini butir soal yang valid hanya sebanyak 1 soal, maka tidak bisa dilakukan analisis validitas dan reliabilitasnya karena untuk dapat dilakukan analisis validitas dan reliabilitas atas soal tes, minimal harus terdapat dua soal tes yang valid.

9. KESIMPULAN DAN SARAN
9. 1. Kesimpulan
Berdasarkan data skor tes soal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STIKOM Dinamika Bangsa (tahun akademik 2005/2006) yang terdiri dari materi Attitude, materi Matematika dan materi Bahasa Inggris dan setelah dilakukan analisis, hasil analisis menunjukkan, bahwa seluruh soal tes tersebut menunjukkan tidak valid dan tidak reliabel.

9. 2. S a r a n
a. Sebaiknya semua soal tes Penerimaan Mahasiswa Baru STIKOM Dinamika Bangsa yang digunakan selama beberapa tahun terakhir diganti dengan soal yang valid dan reliabel, agar soal tes yang digunakan sesuai dengan peruntukannya. Dan pada akhirnya sasaran dan tujuan dari dilakukannya tes/seleksi terhadap calon mahasiswa baru STIKOM Dinamika Bangsa dapat tercapai dan menunjukkan kenyataan yang sesungguhnya.
b. Sebelum suatu soal digunakan sebagai instrumen/alat tes pada seleksi penerimaan calon mahasiswa baru STIKOM Dinamika Bangsa, sebaiknya terhadap calon soal harus terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas.


DAFTAR PUSTAKA

Ahiri, Jafar, 2006. Validitas Dan Reliabilitas Tes: Deskripsi Konsep dan Aplikasinya Dalam Evaluasi Pendidikan. http://www.pustekkom.go.id.
Arikunto, Suharsimi, 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bina Aksara, Jakarta.
Brown, Frederick G, Larasati, Yuenda Vicky. Measuring ClassrooAchievemen.http://members.tripod.com/Putrohari/mengukur_pencapaian.htm.
Nazir, Moh.1998. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Supranata, Sumarna, 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Susanti, Rini, 2003. Bentuk Tes Dan Tingkah Laku Belajar. JurnalTeknodikEdisiNo.12/VII/Oktober/2003.http://www.pustekkom.go.id/teknodik/t12/isi.h.
-------------. Teori Validitas Dan Reliabiltas Data Ordinal. www.olahdata.com.
























































1 komentar:

  1. nanya pak, tawu gx cara masukin foto ke blog yang baru QTA TERbitin.. misalnya kita masukin cerita ato artikel trus diiukuti gambar...?

    BalasHapus